-->

Encrypting your link and protect the link from viruses, malware, thief, etc! Made your link safe to visit.

Apa Perbedaan Light Novel dan Web Novel

Novel adalah sebuah karya satra atau karya tulis yang berisi dan menceritakan tentang kehidupan tokoh utama atau karakter utama dan orang-orang di sekelilingnya. Cerita di dalam novel sangat panjang dan kompleks, karena menceritakan sesuatu atau kejadian yang ada di dalam cerita dengan sangat mendetail. Tentunya dengan alur dan tema sesuai dengan apa yang dituliskan oleh novelis (pengarang novel). Bisa saja novel bercerita tentang romansa percintaan, peperangan, balas dendam, fantasy, perjuangan, dan lain sebagainya.





Sedangkan Webnovel (WN) adalah sebuah novel yang ditulis dan dipublikasikan melalui dunia maya atau melalui sebuah situs di internet. Cerita di dalam webnovel pada intinya sama saja dengan cerita yang ada di dalam novel yang dipublikasikan atau dijual di dunia nyata, hanya saja web novel di publikasikan di internet dan dapat dibaca oleh khalayak ramai secara gratis, namun ada juga yang berbayar. Pada umumnya tema web novel yang terkenal di negara-negara asia banyak yang mengambil tema fantasy. Contohnya seperti website syosetu di jepang yang terkenal dengan novel-novel isekainya, misalnya saja re:zero, overlord, dan lainnya. Dan ada juga qidian di china yang menyajikan novel xianxia, wuxia dan xuanhuan yang sangat menarik untuk dibaca. Dan ada juga web munpia di korea yang terkenal dengan novel bertema kiamat, dan game nya.

Nah setelah Webnovel (wn), ada juga yang namanya Light novel (LN). Apakah Light novel itu ?, Light novel adalah sebuah novel ringan yang berisi kurang lebih 50-60000 kata. Yang dipasarkan atau mengambil target pembaca untuk para remaja dan pemuda. Tema cerita yang ada di dalam Light novel cukup mudah dipahami dan enak dibaca dikalangan pemuda, misalnya saja ada Ligth novel overlord yang sangat terkenal di jepang dan diseluruh dunia, sampai-sampai dibuatkan anime dan movienya, selain itu masih banyak lagi judul light novel yang terkenal, pada umumnya kebanyakan light novel adalah jebolan dari situs syosetu di jepang, yang ditulis oleh para remaja dan pemuda.




Ya begitulah kiranya pengertian dari novel, Webnovel dan Light novel. Untuk selanjutnya saya akan membahas tentang genre webnovel di china yang cukup terkenal. Yaitu genre wuxia, xianxia dan xuanhuan. Yang bertema tentang kultivasi dan keganasan para karakter utama dalam memperoleh kekuatan.

tp